//
you're reading...

NeuroLeadership

NEUROSCIENCE UNTUK KEHIDUPAN MANUSIA

Sebagian besar manusia belum menyadari bahwa Tuhan telah menganugerahi suatu “potensi” yang sangat besar pada diri kita. Apakah itu ? Otak Manusia. Dengan Otaknya, manusia dapat beraktivitas apapun termasuk berpikir dan berbahasa serta memahami segala sesuatu dengan sangat baik (fungsi Kalbu).

Otak manusia dirancang sebagai “instrument” yang sangat penting untuk kehidupannya. Otak bukan hanya berfungsi agar manusia hidup (tidak mati)_Ini yang saya sebut dengan fungsi Otak Normal, namun otak juga mengantarkan manusia agar manusia menjadi manusia yang seutuhnya, menemukan jati dirinya. Juga, otak mampu menjawab dari mana asal dirinya, untuk apa manusia dilahirkan ke dunia, apa misi ke kehidupannya dan dapat menjawab kemana manusia akan kembali. Ini yang saya sebuat dengan Otak Sehat.

Otak normal manusia disusun oleh kurang lebih 100 Milyar neuron (sel saraf) dan didukung oleh Trilyunan jaringan sabungan saraf (Synaps) serta dilengkapi dengan system kelistrikan dan kimiawi yang amat sangat canggih, sehingga membuat otak manusia dapat menghasilkan sikap dan perilaku yang hebat. Otak memiliki kemampuan “neuroplastisitas” yakni kemampuan otak (sel-sel otak) untuk merubah dirinya melalui pembentukan sirkuit baru, mengubah kinerja zat kimia pembawa pesan dan membangun hubungan-hubungan (synaps) yang lebih kokoh dan menetap. Di tingkat seluler inilah, terjadi proses apa-apa yang kita pikirkan dan apa-apa yang kita rasakan serta memungkinkan otak “merubah dirinya” bila dilakukan intervensi dari luar, seperti merubah karakter. Di otaklah karakter / perilaku manusia berubah menjadi baik atau buruk.

Konsep Neuroscience For Life

NeuroscienceForLife adalah konsep gaya hidup Otak Sehat yaitu sebuah konsep yang mempelajari tata kehidupan manusia (gaya hidup manusia) berbasis kinerja Otak Sehat. Otak Sehat _bukan sekedar kinerja otak normal (otak normal secara anatomi / otak tidak sakit), Otak Sehat merupakan perpaduan otak normal yang digunakan untuk berpikir benar (cakap berpikir) dan nurani yang senantiasa membimbing dalam setiap aktivitas pikiran dan perasaan, untuk menghasilkan sikap dan perilaku hebat.

Otak sehat lebih dari sekedar otak normal dan sehat mental. Selain bekerja secara baik seluruh fungsi otak, otak sehat memiliki norma tertentu yang berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan dan nurani (spiritualitas) seperti etika , moralitas dan lain-lain atau apa yang di sebut dengan Budi Baik atau Akhlaqul Karimah ( sikap dan perilaku yang terpuji). Otak sehat lebih mewakili seuatu keadaan otak yang berkaitan dengan makna hidup dan spiritulitas, serta lebih ke substansi yang esensial dari otak itu sendiri yakni yang ada kaitannya dengan human being, keberadaan manusia sebagai makhluk yang lebih sempurna di bandingkan dengan makhluk yang lain. Cara kerja otak sehat menjadikan manusia bertanya hal-hal yang bersifat esensial dalam hidupnya_ dari mana saya berasal, untuk apa saya hidup dan akan kemana saya bila saya telah meninggal dunia. Bukan hanya kaitannya dengan human being, otak sehat juga memiliki kaitan yang erat dengan akhlak dan moral manusia. Sejumlah riset neurosains menemukan bahwa bila Otak-Sehat manusia terganggu maka akan menghasilkan manusia-manusia yang secara fisik-biologis tampak normal, namun muncul gangguan sikap dan perilaku yang berhubungan dengan akhlak dan moral_keduanya merupakan komponen penting dari nurani (spiritualitas) manusia. Dalam riset yang menemukan sejumlah bukti bahwa adanya gangguan atau kerusakan pada 4 bagian utama otak (cortex prefrontal, gyrus cingularis, gyrus angularis dan amygdala) akan menghasilkan perilaku yang tidak terpuji atau tidak bermoral.

 

NeuroscienceForLife memberi tuntunan bagaimana membangun dan mengembangkan potensi hebat manusia, dengan menggunakan panduan “The 6 Habits of Healthy Brain” . Sebuah panduan yang berisikan kebiasaan-kebiasaan yang dibangun oleh Otak Sehat yakni menjaga otak tetap normal _ artinya otak memiliki struktur anatomis yang normal dan mempu menjalankan fungsi fisiologis, tidak memiliki kelainan atau tidak berpenyakit, melatih pikiran dan perasaan agar selalu berpikir benar dan mengasah nurani agar senantiasa terjaga kecerahannya dan memberi bimbingan yang tepat sesuai nilai-nilai kemuliaan.

 

Selama berkarya hari ini,…

 

SalamOS

Dokter Amir Zuhdi

Penggagas Neuroscience For Life

 

 

Mengundang Dokter Amir Zuhdi ,

Silahkan Kontak Person/Informasi : 0821-3645-7526

Discussion

No comments yet.

Post a Comment